Latest Entries »

Monday, March 29, 2010

Bahaya Cokelat dan beberapa makanan seperti anggur dan kismis bagi Anjing


Cokelat adalah sebutan untuk makanan yang diolah dari biji kakao. Cokelat bagi manusia telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Tapi bagi beberapa hewan cokelat dapat bersifat sebagai racun. Seperti diketahui bahwa cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida yang memiliki efek fisiologi bagi tubuh. Adanya kandungan teobromin dalam cokelat dapat menyebabkan keracunan bagi beberapa hewan. Hewan-hewan yang bereaksi keracunan pada kandungan teobromin diantaranya adalah kuda, anjing, burung kakak tua, tikus-tikus jenis kecil dan kucing (khususnya anak kucing), ini dikarenakan metabolisme tubuh mereka tidak dapat mencerna kandungan kimia ini secara efektif. Bila hewan diberi cokelat maka kandungan teobromin akan tetap berada dalam aliran darah hingga 20 jam, akibatnya hewan akan mengalami epilepsi, kejang-kejang, serangan jantung, pendarahan internal, dan pada akhirnya menyebabkan kematian.
Anjing dengan berat 20-kg biasanya akan mengalami gangguan usus besar setelah makan kurang dari 240 gram cokelat hitam, tapi anjing tidak mengalami Bradycardia atau takikardia kecuali memakan setidaknya setengah kilogram susu cokelat(milk chocolate). Cokelat hitam (dark chocolate) memiliki 2 sampai 5 kali lebih theobromine sehingga lebih berbahaya jika diberikan pada hewan.
Keracunan juga terjadi jika anjing memakan anggur atau kismis karena anggur atau kismis dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal pada anjing. Respon keracunan kismis atau anggur bervariasi setiap individu anjing. Menurut Campbell 2007, anjing yang memakan 2,8 mg/kg kismis dapat mengalami gagal ginjal dan telah dilaporkan bahwa terjadi kematian pada anjing yang memakan 4,7 g/kg kismis. Gagal ginjal juga terjadi pada anjing dachshund dengan berat 8,2 kg yang memakan anggur sebanyak 4-5 buah.

Selengkapnya ;
Campbell, A. 2007. Grapes, raisins and sultanas, and other foods toxic to dogs

Pustaka
Chocolate Wikipedia
Campbell, A. 2007. Grapes, raisins and sultanas, and other foods toxic to dogs

0 komentar:

Post a Comment